Puskesmas Alak Kupang

Info Kesehatan

5 Tips Aman Berolahraga di Tengah Pandemi Corona

Ditulis Oleh | Rabu, 01 April 2020 11:05
Beri Rating
(0 votes)
Olahraga mesti hanya dirumah saja Olahraga mesti hanya dirumah saja pixabay.com

Daya tahan tubuh yang kuat menjadi salah satu tameng utama menghadapi virus corona COVID-19.

Olahraga teratur dikatakan bisa menjaga kebugaran dan imunitas tubuh.

Tapi dengan keharusan untuk isolasi dan membatasi jarak dengan lingkungan, bagaimana caranya menjagar rutinitas olahraga? Ya tinggal olahraga saja, tidak usah banyak alasan. Banyak kok, pilihan olahraga yang bisa dilakukan di dalam rumah. Kalaupun sangat terpaksa harus keluar rumah, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan risiko.

Berikut, beberapa tips agar kamu tetap bisa olahraga dengan aman untuk menjaga kondisi kebugaran tubuh di tengah pandemi virus corona.

1. Kapan boleh dan tidak boleh olahraga?

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) menegaskan tidak ada rekomendasi untuk membatasi aktivitas fisik selama karantina atau isolasi, selama tidak ditemukan ada gejala. Jika mengalami demam, batuk, sesak napas, baru disarankan untuk setop latihan dan segera periksa ke dokter

2. Olahraga seperti apa yang aman?

Apapun jenis olahraganya, kuncinya ada di volume dan intensitas. Latihan fisik dengan intensitas sedang dan tidak berlebihan bisa meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh. Misalnya cukup dengan naik turun tangga rumah selama 10-15 menit, 2-3 kali sehari. Latihan fisik dengan intensitas tinggi dan dalam waktu yang lama akan memberikan efek sebaliknya, yakni menurunkan imunitas tubuh. Risiko infeksi justru akan meningkat.

3. Bagaimana mengukur intensitas?

Bagi yang memiliki perangkat semacam fitness tracker atau sportwatch, intensitas olahraga bisa dengan mudah dimonitor lebih akurat. Tapi tidak harus dengan alat mahal, tes bicara juga sangat bisa diandalkan untuk mengukur intensitas.

ika saat latihan seseorang masih bisa bicara meski terengah-engah, bisa dikatakan intensitas latihannya ada di level sedang. Sedangkan jika sudah tidak bisa bicara, itu berarti ada dalam intensitas tinggi.

4. Apa saja menu olahraga yang dianjurkan?

Ada tiga komponen penting dalam olahraga untuk menjaga kebugaran yakni aerobik, kekuatan otot, dan peregangan. Aerobik bisa dilakukan dengan jalan cepat keliling rumah, naik turun tangga di dalam rumah, lompat tali, atau dance. Latihan kekuatan otot contohnya push up, squat, dan berbagai gerakan simpel lainnya.

Bagi yang terpaksa harus work from home, stretching atau peregangan menjadi sangat penting. Agar tidak terjebak di kursi seharian, luangkan waktu setiap 2 jam sekali untuk peregangan statis selama 10-15 detik.

Sumber : Detikhealth.com

Dibaca 373 Kali Terakhir Diperbaharui Rabu, 01 April 2020 11:27
kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

KENALI STUNTING SECARA DINI

KENALI STUNTING SECARA DINI

Stunting termasuk dalam gangguan pertumbuhan pada anak. Kondisi Read More
INOVASI PUSKESMAS ALAK : PUSKESMAS RAMAH LANSIA

INOVASI PUSKESMAS ALAK : PUSKESMAS RAMAH LANSIA

Puskesmas memiliki program pokok dan program penunjang pengembangan Read More
KASUS DIARE MENINGKAT DI ALAK

KASUS DIARE MENINGKAT DI ALAK

Puskesmas Alak mulai menggalakan penyuluhan kesehatan tentang diare Read More
PELAKSANAAN IMUNISASI MR PUSKESMAS ALAK

PELAKSANAAN IMUNISASI MR PUSKESMAS ALAK

Pelaksanaan imunisasi Measles Rubella (MR) di puskesmas alak Read More
MARI SENAM KAKI SAAT DUDUK

MARI SENAM KAKI SAAT DUDUK

Seringkali kita tak sadar sedang menggerakkan kaki saat Read More
GADGET, REMAJA KEKINIAN HARUS TAHU INI

GADGET, REMAJA KEKINIAN HARUS TAHU INI

Dampak Penggunaan Gadget terhadap Remaja Read More
AKREDITASI PASTI BISA

AKREDITASI PASTI BISA

Jumat, 27 Juli 2018 Puskesmas Alak mengadakan pertemuan Read More
INI AKIBATNYA BILA LUPA SARAPAN PAGI

INI AKIBATNYA BILA LUPA SARAPAN PAGI

Apakah Anda terlalu sibuk di pagi hari sehingga Read More
PAHLAWAN ASI EKSKLUSIF

PAHLAWAN ASI EKSKLUSIF

Air Susu Ibu (ASI) eksklusif adalah air susu Read More
PUSKESMAS ALAK SIAP IMUNISASI MR

PUSKESMAS ALAK SIAP IMUNISASI MR

Dalam rangka mensukseskan program pemerintah tentang imunisasi Measles Read More
GALAKAN PHBS DI SEKOLAH, DARI KITA OLEH KITA UNTUK KITA

GALAKAN PHBS DI SEKOLAH, DARI KITA OLEH KITA UNTUK KITA

Menyambut tahun ajaran baru, Puskesmas Alak bekerja sama Read More
SI OMMES DARI PUSKESMAS ALAK

SI OMMES DARI PUSKESMAS ALAK

Juni 2018. Puskesmas alak sebagai salah satu unit Read More
  • 1