kristina solo

kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

Website URL: http://puskalak.dinkes-kotakupang.web.id   |   Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

4 Manfaat Sarapan Bubur di Pagi Hari

Selasa, 29 September 2020 11:54

Bubur paling nikmat disantap di pagi hari sebagai menu sarapan. Selain lembut sehingga nyaman di pencernaan, ada banyak manfaat lain yang didapat dengan sarapan bubur.

Pastinya, bukan bubur polosan yang disantap. Tambahkan sayuran dan lauk pauk agar nutrisinya lengkap. Jika cuma bubur tanpa tambahan apapun, ya tidak ada bedanya dengan makan nasi saja.

 

Bubur dapat membuatmu kenyang lebih lama

Bubur adalah makanan dengan sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik. Campurkan kacang ke dalamnya, guna mendapatkan asupan protein dan serat. Dengan demikian, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

 

Menjaga kekebalan tubuh

Bubur yang ditambahi sayur-sayuran juga memberikan asupan antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Dengan demikian, makan bubur sangat bisa meningkatkan imunitas tubuh.

 

Menurunkan tekanan darah

Bubur dianggap dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menyimpulkan bahwa diet hanya dengan makan bubur, sama efektifnya seperti minum obat tekanan darah tinggi.

 

Menjaga kesehatan jantung

Sebuah studi yang dilakukan selama 25 tahun menyebut orang-orang yang makan bubur lebih terlindungi dari penyakit jantung. Sebab, bubur diperkirakan dapat mengalahkan kolesterol tinggi dan mampu menyerap lemak dalam tubuh.

 

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-5180259/4-manfaat-sarapan-bubur-di-pagi-hari

Salah satu tujuan sarapan pagi adalah memberikan energi pada tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari dan mengganjal rasa lapar. Namun, masih banyak orang yang cepat merasa lapar lagi, padahal baru saja sarapan pagi.

Hal ini dikarenakan makanan pagi yang mereka konsumsi, tidak mengandung protein, vitamin, dan serat. Padahal protein dan serat sangat berfungsi untuk memperlambat rasa lapar. Sedangkan vitamin berfungsi untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Menurut The Daily Meal, berikut kesalahan sarapan pagi yang justru buat kamu cepat merasa lapar:

Hanya makan putih telur

Banyak orang yang tidak mau makan kuning telur karena takut kolesterolnya naik. Padahal kuning telur memiliki banyak kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin D, zat besi, dan masih banyak lagi. Kandungan inilah yang membuatmu tidak akan cepat merasa lapar.

 

Hanya mengkonsumsi karbohidrat

Memang betul bila karbohidrat adalah sumber energi yang sehat dan penting. Namun, karbohidrat bukan satu-satunya hal yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi secara maksimal. Protein dan lemak juga harus diperlukan dalam sarapan untuk menjadi bahan bakar dan membuatmu kenyang lebih lama.

 

Hanya mengkonsumsi sereal

Sereal sering dijadikan pilihan utama untuk sarapan. Sebab, membuat sarapan ini tak perlu memakan waktu yang lama. Namun, banyak produk sereal yang hanya mengandalkan banyak gula tapi tidak mengandung campuran padat, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan. Hal ini tentu dapat membuatmu cepat merasa lapar. Jika kamu ingin sarapan sereal, sebaiknya tambahkan buah-buahan dan susu.

 

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-5184107/3-kesalahan-saat-sarapan-yang-bikin-perut-terasa-cepat-lapar

5 Asupan Untuk Menjaga Kesehatan Paru-paru

Selasa, 29 September 2020 11:31

Dalam kondisi pandemi seperti ini, menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang penting dilakukan. Salah satunya adalah menjaga kesehatan paru-paru, karena COVID-19 menyerang sistem pernapasan manusia.

Banyak orang melakukan gaya hidup sehat dengan sering berolahraga dan memakan makanan yang sehat. Banyak orang melakukan gaya hidup sehat dengan sering berolahraga dan memakan makanan yang sehat.

Buah Bit

Bit adalah tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan alami yang biasa dikonsumsi dengan cara direbus dan dikukus. Bit bermanfaat untuk menjaga kesehatan paru-paru karena kaya akan nitrat yang membantu mengendurkan pembuluh darah dan memudahkan proses pengambilan oksigen. Selain itu, buah bit juga mengandung magnesium, potasium, vitamin C, dan senyawa antioksidan yang tak hanya penting bagi tubuh namun juga bermanfaat bagi tubuh.

Teh Hijau

Teh hijau kayak akan kandungan epigallocatechin gallate (EGCG) yang berfungsi sebagai antioksidan dan antiinflamasi. EGCG ini dapat menghambat fibrosis paru atau penyakit yang ditandai dengan pertumbuhan jaringan akut yang berbahaya bagi paru. Selain menjaga kesehatan paru, teh hijau berfungsi untuk memperbaiki pola tidur, meningkatkan metabolisme, menurunkan risiko diabetes dan masih banyak lain.

Kakao

Kakao mengandung senyawa theobromine yang berfungsi mengendurkan saluran udara di paru-paru. Asupan kakao yang baik telah menurunkan risiko gejala pernapasan akibat alergi. Selain itu, kakao juga melindungi paru-paru dari pertumbuhan sel kanker. Kakao juga memiliki antidioksidan yang mampu meningkatkan imunitas tubuh.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau adalah sayuran yang memiliki serat yang banyak. Dikutip dari WebMD, penelitian mendapati bahwa orang yang makan lebih banyak serat memiliki paru-paru yang sehat dan dapat bekerja lebih baik daripada mereka yang tidak makan banyak serat. Variasi sayuran hijau yang dapat kalian konsumsi salah satunya adalah brokoli.

Bawang Putih

Selain menjadi bahan penyedap alami di dapur, bawang putih juga berfungsi untuk menjaga kesehatan paru-paru. Bawang putih mengandung antioksidan dan bersifat anti-inflamasi sehingga melindungi paru-paru dari stres oksidatif.

 

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-5192092/5-asupan-untuk-menjaga-kesehatan-paru-paru

6 KEBIASAAN KECIL INI DAPAT MERUSAK GIGI

Rabu, 19 Agustus 2020 20:00

Kamu masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat merusak gigi. Sering kali, kamu mungkin tak acuh dengan berbagai kebiasaan yang dapat merusak gigi. Sampai akhirnya kamu mengalami sakit gigi dan baru merasakan dampaknya. Untuk menghindari peristiwa tersebut, kamu perlu mengetahui 6 kebiasaan kecil yang dapat merusak gigi seperti dikutip dari WebMD berikut: 

Mengunyah es Batu

Mengunyah es batu dapat mengiritasi jaringan lunak di dalam gigi. Akibatnya, es batu sangat berpotensi membuat gigi menjadi patah atau retak. Makanan yang terlalu dingin atau pun panas dapat memicu rasa sakit yang berkepanjanga

Tindik lidah

Logam yang terdapat pada tindikan lidah dapat membuat gigi menjadi patah. Ketika logam bergesekan dengan gusi, dapat menyebabkan kerusakan gigi. Tak hanya itu, mulut merupakan salah satu sarang bakteri. Dalam hal ini, tindik dapat meningkatkan resiko infeksi dan luka apabila tidak sengaja ditusuk pada bagian pembuluh darah besar

Menggeretakkan gigi

Bruksisme atau menggeretakkan gigi dapat merusak jaringan gigi seiring berjalannya waktu. Biasanya, bruksisme disebabkan karena stres dan kebiasaan saat tidur. Memang, cukup sulit menghilangkan kebiasaan ini. Oleh sebab itu, kamu bisa menghindari mengkonsumsi makanan keras, sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan kerusakan akibat kebiasaan bruksisme in

Minum soda

Soda diperkirakan mengandung sekitar 11 sendok teh gula. Selain itu, soda juga mengandung asam fosfat dan sitrat yang dapat merusak jaringan enamel gigi. Oleh sebab itu, hindari minum minuman bersoda yang berlebihan

Membuka kemasan dengan gigi

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak orang adalah membuka kemasan plastik dengan menggunakan gigi. Padahal kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan oleh dokter karena berpotensi membuat keretakan pada gigi

Merokok

Rokok mengandung tembakau yang dapat menyebabkan penyakit gusi dan menimbulkan noda pada gigi. Merokok dapat menyebabkan kanker mulut, bibir, dan lidah. Karena itu, merokok dapat mempercepat proses kerusakan gigi.

 

Sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5139707/hati-hati-6-kebiasaan-kecil-ini-dapat-merusak-gigi diundah pada 19 Agustus 2020

ALASAN OTOT TERASA SAKIT SETELAH OLAHRAGA

Selasa, 18 Agustus 2020 13:26

Nyeri otot yang muncul selama satu atau dua hari setelah berolahraga sebenarnya dapat menyerang siapa saja. Hal tersebut memang normal terjadi, bahkan pada tingkatan tertentu rasa nyeri dapat menandakan bahwa kebugaran ototmu semakin meningkat.

Dikutip dari laman NHS UK, ketika otot dituntut untuk bekerja lebih keras dari biasanya, akan terjadi kerusakan mikroskopis pada serabut otot, sehingga menimbulkan nyeri atau kekakuan otot. Hal ini dinamakan DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness).

Biasanya, DOMS banyak terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali berolahraga. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang sering olahraga juga bisa mengalami DOMS. Hanya saja, tingkat nyeri ototnya pasti berbeda dikarenakan rasa sakit akan berkurang saat ototmu terbiasa dengan tuntutan fisik yang dilakukan.

Rasa sakit setelah olahraga adalah bagian dari proses adaptasi yang dapat meningkatkan kekuatan saat otot akan terbentuk. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu ketakutan dan kapok berolahraga ketika ototmu terasa sakit. Ingat, semuanya bagian dari proses pembentukan otot.

Kabar baiknya, DOMS hanya berlangsung beberapa hari saja. Jika olahraga yang kamu lakukan cukup ringan, biasanya nyeri hanya terjadi pada satu atau dua hari. Namun, bila olahraga yang kamu lakukan terbilang berat, biasanya bisa berlangsung antara tiga dan lima hari. Upaya untuk meringankan DOMS, kamu bisa mengompres ototmu yang terasa nyeri dengan es, banyak beristirahat, dan pijat pelan ototmu. Akan tetapi jika rasa sakit itu tak tertahankan, segeralah pergi ke dokter untuk ditangani secara medis.

 

Dikutip dari : https://health.detik.com/kebugaran/d-5131074/alasan-otot-terasa-sakit-setelah-olahraga diundah pada Kamis, 13 Agu 2020 06:59 WIB

 

Imunisasi merupakan salah satu cara pencegahan penyakit menular khususnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yang diberikan tidak hanya anak sejak masih bayi hingga remaja tetapi juga dewasa. Cara kerja imunisasi yaitu dengan memberikan antigen bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan merangsang sistem imun tubuh untuk mebentuk antibodi. Antibodi yang terbentuk setelah imunisasi berguna untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif.

Bayi dan anak yang belum mendapat vaksinasi tidak mempunyai kekebalan spesifik terhadap kuman dan virus tersebut, tubuhnya tidak mampu melawan, sehingga kuman akan berkembang biak  di dalam tubuhnya yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat, atau meninggal. Dapat dibayangkan betapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan kesedihan yang dialami oleh keluarga bila seseorang  bayi atau anak menderita sakit berat, cacat atau meninggal dunia. Kuman dan virus telah berkembang biak di dalam tubuhnya bisa menyebar ke lingkungan sehingga orang-orang di sekitarnya dapat tertular, sakit berat, cacat atau meninggal. Demikian seterusnya penyakit tersebut bisa menyebar meluas keorang-orang yang belum mendapat vaksinasi tersebut. Dapat dibayangkan betapa luasnya dampak ekonomi, sosial, dan psikologi bagi keluarga yang tertular penyakit-penyakit tersebut.

Program imunisasi rutin terus dikembangkan di Indonesia dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Puskesmas Alak sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat dasar yang dekat dengan masyakat pada bulan Agustus 2020 ini menyelenggarakan BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS). Sasaran dalam BIAS ini adalah siswa-siswi kelas 1 di 15 Sekolah Dasar yang berada di wilayah kerja Puskesmas Alak yang tersebar di kelurahan Nunhila, Kelurahan  Nunbaun Delha, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kelurahan Namosain, Kelurahan Penkase Oeleta, dan Kelurahan Alak.

Pada BIAS di bulan agustus ini diprioritaskan untuk pemberian imunisasi MR pada anak sekolah dan tidak lupa pula dalam pelaksanaan BIAS di sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar.

  

 

   

AYO KE POSYANDU, AGUSTUS BULAN VITAMIN A

Selasa, 18 Agustus 2020 11:52

Memasuki bulan Agustus, Puskesmas Alak selaku fasilitas kesehatan primer gencar melakukan pelayanan pemberian vitamin A bagi bayi balita usia 6-60 bulan. Kegiatan pelayanan vitamin A ini dilakukan di seluruh posyandu yang berada  di wilayah kerja Puskesmas Alak dengan jumlah sasaran sebanyak sekitar  2.818 orang bayi-balita usia 6-60 bulan.

     

Mekanisme pemberian vitamin A menyatu dalam kegiatan pelayanan posyandu di setiap posyandu di masing masing kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Alak.

Pembagian vitamin A telah terjadwal secaa rutin dalam kalender tetap kegiatan Puskesmas yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Suplemen vitamin A yang dibagikan pada bayi balita terdiri dari kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan.

Vitamin A (retinol) di dalam tubuh terlibat dalam pembentukan-produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Manfaat vitamin A dalam tubuh antara lain dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Jika terjadi kekurangan vitamin A dalam tubuh maka dapat meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare.

Mengingat pentingnya vitamin A dalam tubuh dan pelayanan pemberian vitamin A di puskesmas diberikan secara Cuma-Cuma kepada bayi balita maka ayo sempatkan diri anda membawa balita anda ke posyandu selama bulan agustus untuk mendapatkan vitamin A.

5 Manfaat Jalan Kaki di Pagi Hari

Kamis, 23 Juli 2020 02:28

Jalan Kaki adalah olahraga yang paling simpel, bisa dilakukan di mana saja tanpa butuh peralatan mahal. Meski begitu, manfaatnya luar biasa banyaknya.

Kelebihan lain berjalan kaki adalah bisa dilakukan sembari melakukan aktivitas lain. Misalnya untuk mobilitas dari tempat parkir menuju tempat kerja, atau menuju tempat makan siang.

Aktivitas sesimpel ini jika dilakukan secara rutin bisa memberikan manfaat sebagai berikut :

 Meningkatkan energi

Memulai hari dengan berjalan kaki dapat memberikan lebih banyak energi sepanjang hari. Sebuah studi yang dikutip dari Healthline menujukkan bahwa orang dewasa berjalan selama 20 menit di luar ruangan mendapatkan lebih banyak energi daripada yang berjalan dengan waktu yang sama di dalam ruangan. Selain itu, menaiki tangga selama 10 menit memberikan energi untuk menghilangkan ngatuk daripada meminum kopi.

 

Memperbaiki suasana hati

Manfaat fisiologis dari berjalan kaki di pagi hari adalah meningkatkan mood, mengurangi stress, mengurangi kecemasan, dan mengurangi gejala depresi. Untuk hasil yang lebih efektif, disarankan untuk berjalan kai selama 20-30 menit setidaknya 5 hari dalam seminggu.

 

Menurunkan berat badan

Berjalan di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Berjalan dengan kecepatan sedang selama 30 menit dapat membakar hingga 150 kalori dengan disertai dengan diet sehat dan olahraga lainnya.

 

 

Mencegah serangan jantung

Sumber riset dikutip dari Healthline menunjukkan bahwa berjalan selama 30 menit/hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung hingga 19 persen. Jika Anda hidup dengan diabetes, berjalan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. bahkan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

 

Tidur lebih nyenyak di malam hari

Berjalan hal pertama dapat membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. Sebuah studi 2017, dikutip dari Healthline mengamati orang dewasa berusia 55 hingga 65 yang mengalami kesulitan tidur di malam hari atau hidup dengan insomnia ringan. Mereka yang berolahraga di pagi hari mengalami kualitas tidur yang lebih baik di malam hari.

 

Sumber : https://health.detik.com/kebugaran/d-5101548/5-manfaat-jalan-kaki-di-pagi-hari-bisa-cegah-sakit-jantung diundah 21 Juli 2020

 

Sehabis sarapan, kebanyakan orang akan menunggu nasinya 'turun' dulu baru kemudian melakukan aktivitas fisik. Memang sih, beraktivitas dengan perut penuh rasanya tidak nyaman.

Tapi hal itu umumnya berlaku jika sarapannya terlalu berat dan aktivitas yang dilakukan juga terlalu intens. Jika sarapan secukupnya dan olahraganya cukup ringan seperti jalan kaki, rasanya tidak masalah.

Bahkan, beberapa pakar menyebut olahrag ringan sehabis sarapan malah memberikan manfaat. Apa saja?

Meningkatkan pencernaan

Manfaat potensial yang paling utama adalah meningkatkan pencernaan. Gerakan tubuh dapat membantu sistem pencernaan mendorong stimulasi kerja lambung dan usus, sehingga makanan yang masuk ke dalam perut dapat dicerna lebih cepat

 

Membantu mengontrol kadar gula darah

Berjalan setelah makan dapat mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan, sehingga dapat mengurangi jumlah insulin atau obat oral yang diperlukan. Hal ini cukup baik untuk para pengidap diabetes tipe 2.

 

Mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah studi menunjukan bahwa olahraga ringan yang dilakukan sepanjang hari (salah satunya berjalan) lebih unggul dalam mencegah risiko penyakit jantung, ketimbang melakukan olahraga berat dalam satu waktu sekaligus.

Dalam hal ini, kamu bisa berjalan kaki selama lima hingga sepuluh menit setelah makan.

 

Menurunkan berat badan

Seperti yang banyak diketahui, bahwa melakukan olahraga sangat berpotensi untuk menurunkan berat badan. Hal ini juga berlaku untuk olahraga ringan, seperti berjalan. Berjalan setelah makan dapat membakar kalori, sehingga berefek pada menurunkan berat badan.

 

Mengatur tekanan darah

Beberapa studi mengatakan bahwa berjalan sebanyak tiga kali (satu kali = 10 menit) dalam sehari dapat berdampak bagi penurunan darah.
Dari data tersebut, kamu dapat mencoba berjalan selesai makan, guna membantu tubuhmu untuk mengatur tekanan darah.

 

 

Sumber : https://health.detik.com/kebugaran/d-5102989/sehabis-sarapan-tunggu-turun-dulu-atau-boleh-langsung-olahraga diundah 22 Juli 2020

Kebanyakan orang memilih sarapan yang simpel dan praktis. Telur merupakan makanan yang sering dikonsumsi karena dapat disajikan dengan cepat, murah, dan memiliki banyak khasiat. Salah satunya adalah menurunkan berat badan.

Cara efektif menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori. Telur kaya akan protein berkualitas tinggi, Satu butir telur mengandung sekitar 78 kalori.

Dikutip dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan mengonsumsi telur dapat mengurangi napsu makan dibandingkan dengan makanan lain dengan kandungan kalori yang sama. Selain itu, sarapan telur secara rutin kurang lebih selama 8 minggu dapat menurunkan berat badan hingga 65 persen.

Studi lain menyatakan bahwa pria yang mengonsumsi telur untuk sarapan secara teratur dapat mengurangi asupan kalori selama 24 jam berikutnya, sedangkan untuk wanita memakan telur dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga menyebabkan konsumsi kalori lebih sedikit selama 36 jam ke depan.

Faktanya telur merupakan makanan yang cukup sempurna karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan manusia. Mengonsumsi atau menambahkan telur saat sarapan merupakan hal termudah yang perlu dilakukan saat diet karena sarapan telur menyebabkan rasa kenyang yang jauh lebih besar.

Lebih sedikit rasa lapar dan keinginan makan menjadi lebih rendah daripada jika sarapan dengan menu lain. Jika ingin efektif dalam menurunkan berat badan, disarankan untuk mengkonsumsi setidaknya dua telur untuk sarapan. Jangan lupa sarapan telur ya.

 

Sumber : https://health.detik.com/diet/d-5085833/ini-alasannya-harus-sarapan-telur-jika-ingin-berat-badan-cepat-turun diundah tanggal 09 Juli 2020

Halaman 1 dari 4