PELAYANAN PUSKESMAS ALAK DI ERA NEW NORMAL Featured

Ditulis Oleh | Rabu, 08 Juli 2020 03:29 | Dibaca : 139 Kali
dok : Puskesmas Alak dok : Puskesmas Alak

Pandemi COVID-19 belum kunjung reda hingga saat ini maka untuk itu pemerintah secara bertahap mulai menerapkan hidup baru yang lebih dikenal dengan istilah new normal. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi dan menekan penyebaran COVID-19 dengan menerapkan protokol kesehatan agar kegiatan sehari-hari dapat berjalan normal kembali. Sejak april 2020 Puskesmas Alak menghentikan sementara pelayanan luar gedung dang berfokus pada pelayanan dalam gedung khususnya penanganan dan pencegahan COVID – 19.

Memasuki bulan Juli 2020 Puskesmas Alak kembali melaksanakan pelayanan luar gedung dengan tetap memperhatikan dan menerapkan protocol kesehatan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah khususnya Pemerintah Kota Kupang.

Masyarakat diharapkan dapat menaati protocol kesehatan yang ada dengan taat menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak antara satu sama lain, mempertahankan etika batuk. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan dan kemungkinan tertularnya virus COVID-19 saat beraktivitas diluar rumah. Masyarakat yang mengikuti kegiatan pelayanan kesehatan diharapkan datang tepat waktu dan akan diatur mekanisme pelayanan kesehatan sehingga tidak terjadi peningkatan kerumunan masyarakat saat kegiatan pelayanan kesehatan berlangsung. bagi masyarakat yang telah mendapatkan pelayanan kesehatan diharapkan untuk langsung kembali kerumah masing-masing.

Hingga tanggal 08 Juli 2020 Puskesmas Alak telah melaksanakan kegiatan pelayanan kesehatan di luar gedung seperti : Kunjungan Rumah Lansia dengan Resiko Tinggi, pelayanan posyandu bayi balita, pelayanan posyandu Lansia, upaya kesehatan kerja di tempat usaha serta beberapa kegiatan kunjungan rumah ibu hamil dan nifas di wilayah kerja Puskesmas Alak yang meliputi kelurahan Nunhila, Kelurahan Nunbaun Delha, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kelurahan Namosain, Kelurahan Penkase Oeleta, dan kelurahan Alak. Kegiatan pelayanan kesehatan luar gedung ini masih akan dilaksanakan seterusnya sebagaimana mestinya sehingga masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan bukan hanya di dalam gedung puskesmas saja tetapi pelayanan kesehatan yag lebih dekat dengan rumah masyarakat sendiri sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat khususnya di era pandemi COVID-19 ini.

 


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.