AKSI KEPEDULIAN BAGI PUSKESMAS ALAK DITENGAH PANDEMI COVID-19 Featured

Ditulis Oleh | Senin, 13 April 2020 07:12 | Dibaca : 110 Kali
AKSI KEPEDULIAN BAGI PUSKESMAS ALAK DITENGAH PANDEMI COVID-19

Awal tahun 2020 COVID-19 menjadi masalah kesehatan dunia.


Kasus ini terus berkembang hingga WHO menetapkan COVID-19 sebagai pandemi. Indonesia tak terkecuali kota Kupang pun merasakan dampak dari adanya pandemi COVID-19 ini. COVID-19 dapat menular melalui percikan batuk/bersin (droplet), tidak melalui udara. Orang yang paling berisiko tertular penyakit ini adalah orang yang kontak erat dengan pasien COVID-19 termasuk yang merawat pasien COVID-19. Tenaga kesehatan yang merupakan salah satu yang berperan penting dalam mendeteksi, mengobati, merawat dan melakukan tindakan pencegahan kasus COVID-19 ini dituntut untuk memiliki kewaspadaan guna mencegah penularan dari dan ke pasien yang dilayani di fasilitas kesehatan tindak dasar hingga ke rumah sakit.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah melalui cuci tangan secara teratur menggunakan sabun dan air bersih, menerapkan etika batuk dan bersin, menghindari kontak secara langsung dengan ternak dan hewan liar serta menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin.  Selain itu, menerapkan Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) saat berada di fasilitas kesehatan khususnya di Puskesmas Alak yaitu dengan penggunaan Alat Pelindung diri (APD) yang sesuai standar WHO. Namun kendala dilapangan keterbatasan APD menjadi salah satu masalah urgen dalam penanganan kasus COVID-19.

Namun dalam penanganan kasus pandemi COVID-19 ini Puskesmas Alak mendapat dukungan dari berbagai pihak baik dari pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat. Bantuan yang disalurkan langsung kepada pihak puskesmas berupa alat pelindung diri, suplement bagi petugas kesehatan dan pasien terutama bahan makanan dan minuman penunjang daya tahan tubuh serta sarana prasarana untuk mencegah penularan COVID-19 seperti tower air, saun cuci tangan, dan bahkan unit lorong antiseptik. Bantuan yang diterima antara lain berasal dari pemerintah daerah Kota Kupang, Ibu Gubernur NTT : Ibu Julie Sutrisno Laiskodat, Hand of hope Indonesia, Yayasan Jaka Perkasa Citra Cemerlang (JPCC), Organisasi Etnis Tionghoa Kupang, PT. ASPD Kupang, dan Apotik Cristal Farma.

   

  

 

 

Ucapan terima kasih yang berlimpah dari kami Puskesmas Alak kepada semua pihakyang telah memberikan sumbangan langsung kepada kami. Dengan adanya bantuan ini dapat membantu Puskesmas Alak dapat menunjang  dan  meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kota Kupang khususnya yang berada di wilayah kerja Puskesmas Alak.  

kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.