PUSKESMAS ALAK GENCAR LAKUKAN KELAS IBU HAMIL Featured

Ditulis Oleh | Sabtu, 07 September 2019 08:19 | Dibaca : 53 Kali
Kelas Ibu Hamil Kelas Ibu Hamil Kelas Ibu Hamil Kelurahan Alak

Prioritas program kesehatan di indonesia saat ini menitik beratkan pada upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya ibu dan anak yang merupakan salah satu kelompok beresiko atau rentang terkena masalah kesehatan. Salah satu tujuan jangka panjang adalah menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) di indonesia.

Puskesmas Alak sebagai salah satu Puskesmas yang mendukung program pemerintah untuk menurunkan AKI dan AKB telah melakukan pelayanan bagi ibu dan bayi baik di dalam gedung maupun di luar gedung. Pelayanan dalam gedung terpusat pada ruang KIA, Ruang KB, Poli Anak/MTBS dan Ruang Rawat inap bersalin 24 jam. Kegiatan luar gedung yang telah dilakukan adalah pelayanan posyandu, penyuluhan kesehatan dan kelas ibu. Semua kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada ibu dan anak.

Kelas ibu hamil sebagai salah satu dari kegiatan pelayanan kesehatan ibu dan anak di luar gedung merupakan salah salah satu sarana belajar bagi ibu hamil tentang perawatan selama kehamilan dan persalinan,  perawatan nifas, perawatan bayi baru lahir, mitos, penyakit menular, dan nutrisi selama kehamilan. Pada minggu pertama bulan september ini telah dilakukan 2 kali kegiatan kelas ibu hamil pada 2 kelurahan berbeda yaitu kelurahan Nunbaun sabu dan kelurahan Alak. Peserta yang hadir terdiri dari ibu hamil yang berada diwilayah kelurahan Nunbaun Sabu dan Kelurahan Alak. Saat kegiatan berlangsung, peserta terlihat sangat antusias dalam mengikuti setiap materi yang diberikan. Kegiatan kelas ibu hamil ini8 juga direncanakan akan dilakukan di 6 kelurahan lainnya yang berada di wilayah kerja Puskesmas Alak yakni kelurahan Nunhila, Kelurahan Nunbaun Delha, Kelurahan Namosain, dan Kelurahan Penkase Oeleta

 Kelas Ibu Kelurahan Alak

Kelas Ibu Hamil Kelurahan Nunbaun SabuHasil yang diharapkan dari pelaksanaan kelas ibu hamil ini adalah 1) Adanya interaksi dan berbagi pengalaman antar peserta (ibu hamil dengan. ibu hamil) dan ibu hamil dengan bidan/tenaga kesehatan tentang kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan selama kehamilan, perawatan kehamilan, persalinan, perawatan nifas, perawatan bayi, mitos/kepercayaan/adat istiadat setempat, penyakit menular dan nutrisi selama kehamilan., 2) Adanya pemahaman, perubahan sikap dan perilaku ibu hamil tentang  kehamilan, perubahan tubuh dan keluhan, perawatan kehamilan (kesiapan psikologis menghadapi kehamilan, hubungan suami istri selama kehamilan, tanda bahaya kehamilan, dan P4K (perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi), persalinan (tanda-tanda persalinan, tanda bahaya persalinan, dan proses persalinan), perawatan Nifas (apa saja yang dilakukan ibu nifas agar dapat menyusui ekslusif?, bagaimana menjaga kesehatan ibu nifas, tanda-tanda bahaya dan penyakit ibu nifas), dan KB pasca persalinan.

kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.