Abatesasi Masal Untuk Warga Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 29 Januari 2019 14:18 | Dibaca : 186 Kali
Pengamatan Jentik Nyamuk dan Pembagian Abate Pengamatan Jentik Nyamuk dan Pembagian Abate Puskesmas Alak

Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang menjadi masalah kesehatan yang endemis di sebagian kabupaten atau kota di Indonesia yang cenderung semakin luas penyebarannya sejalan dengan meningkatnya mobilitas dan kepadatan penduduk, dan biasanya terjadi di musim penghujan.

World Health Organitation (WHO) tahun 2013 memperkirakan 2,5 milyar masyarakat dunia memiliki resiko terkena virus dengue dan lebih dari 50 – 100 juta infeksi dengue di seluruh dunia setiap tahunnya. Berdasarkan data survelans Puskesmas Alak sampai dengan tanggal 28 Januari 2019 tercatat  terdapat 12 kasus DBD yang ditemukan di wilayah kerja Puskesmas Alak dengan rincian  Keluarahan Alak 4 kasus, Kelurahan Nunbaun Delha 2 kasus, Kelurahan Namosain 4 kasus, dan kelurahan Penkase Oeleta 2 kasus.  

Dalam rangka menindaklanjuti peningkatan kasus DBD di kota kupang khususnya pada wilayah kerja Puskesmas Alak, maka pada hari jumat 25 Januari 2019 puskesmas alak mengadakan kegiatan abatesasi masal pada Kelurahan Nunbaun Sabu dan Kelurahan Namosain. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk cermat dalam deteksi dan membasmi jentik di lingkungan sekitar khususnya di rumah tangga masing-masing. Kegiatan abatesasi masal ini melibatkan seluruh petugas kesehatan baik medis dan non medis, dan dibantu oleh beberapa mahasiswa-mahasiswi dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta yang berada di Kota Kupang. Kegiatan ini akan dijadwalkan untuk rutin dilakukan dengan sasaran kelurahan – kelurahan lain yang berada di wilayah puskesmas alak.

      


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.