PUSKESMAS ALAK LAKSANAKAN BIAS DI SEKOLAH DASAR Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 18 Agustus 2020 12:52 | Dibaca : 77 Kali
PUSKESMAS ALAK LAKSANAKAN BIAS DI SEKOLAH DASAR

Imunisasi merupakan salah satu cara pencegahan penyakit menular khususnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) yang diberikan tidak hanya anak sejak masih bayi hingga remaja tetapi juga dewasa. Cara kerja imunisasi yaitu dengan memberikan antigen bakteri atau virus tertentu yang sudah dilemahkan atau dimatikan dengan tujuan merangsang sistem imun tubuh untuk mebentuk antibodi. Antibodi yang terbentuk setelah imunisasi berguna untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif.

Bayi dan anak yang belum mendapat vaksinasi tidak mempunyai kekebalan spesifik terhadap kuman dan virus tersebut, tubuhnya tidak mampu melawan, sehingga kuman akan berkembang biak  di dalam tubuhnya yang akan mengakibatkan sakit berat, cacat, atau meninggal. Dapat dibayangkan betapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan kesedihan yang dialami oleh keluarga bila seseorang  bayi atau anak menderita sakit berat, cacat atau meninggal dunia. Kuman dan virus telah berkembang biak di dalam tubuhnya bisa menyebar ke lingkungan sehingga orang-orang di sekitarnya dapat tertular, sakit berat, cacat atau meninggal. Demikian seterusnya penyakit tersebut bisa menyebar meluas keorang-orang yang belum mendapat vaksinasi tersebut. Dapat dibayangkan betapa luasnya dampak ekonomi, sosial, dan psikologi bagi keluarga yang tertular penyakit-penyakit tersebut.

Program imunisasi rutin terus dikembangkan di Indonesia dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Puskesmas Alak sebagai pusat pelayanan kesehatan tingkat dasar yang dekat dengan masyakat pada bulan Agustus 2020 ini menyelenggarakan BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH (BIAS). Sasaran dalam BIAS ini adalah siswa-siswi kelas 1 di 15 Sekolah Dasar yang berada di wilayah kerja Puskesmas Alak yang tersebar di kelurahan Nunhila, Kelurahan  Nunbaun Delha, Kelurahan Nunbaun Sabu, Kelurahan Namosain, Kelurahan Penkase Oeleta, dan Kelurahan Alak.

Pada BIAS di bulan agustus ini diprioritaskan untuk pemberian imunisasi MR pada anak sekolah dan tidak lupa pula dalam pelaksanaan BIAS di sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai standar.

  

 

   


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.