AYO KE POSYANDU, AGUSTUS BULAN VITAMIN A Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 18 Agustus 2020 11:52 | Dibaca : 47 Kali
AYO KE POSYANDU, AGUSTUS BULAN VITAMIN A

Memasuki bulan Agustus, Puskesmas Alak selaku fasilitas kesehatan primer gencar melakukan pelayanan pemberian vitamin A bagi bayi balita usia 6-60 bulan. Kegiatan pelayanan vitamin A ini dilakukan di seluruh posyandu yang berada  di wilayah kerja Puskesmas Alak dengan jumlah sasaran sebanyak sekitar  2.818 orang bayi-balita usia 6-60 bulan.

     

Mekanisme pemberian vitamin A menyatu dalam kegiatan pelayanan posyandu di setiap posyandu di masing masing kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Alak.

Pembagian vitamin A telah terjadwal secaa rutin dalam kalender tetap kegiatan Puskesmas yaitu pada bulan Februari dan Agustus. Suplemen vitamin A yang dibagikan pada bayi balita terdiri dari kapsul biru (dosis 100.000 IU) untuk bayi umur 6-11 bulan dan kapsul merah (dosis 200.000 IU) untuk anak umur 12-59 bulan.

Vitamin A (retinol) di dalam tubuh terlibat dalam pembentukan-produksi, dan pertumbuhan sel darah merah, sel limfosit, antibodi juga integritas sel epitel pelapis tubuh. Manfaat vitamin A dalam tubuh antara lain dapat mencegah rabun senja, xeroftalmia, kerusakan kornea dan kebutaan serta mencegah anemia pada ibu nifas. Jika terjadi kekurangan vitamin A dalam tubuh maka dapat meningkatkan risiko anak menjadi rentan terkena penyakit infeksi seperti infeksi saluran pernafasan atas, campak dan diare.

Mengingat pentingnya vitamin A dalam tubuh dan pelayanan pemberian vitamin A di puskesmas diberikan secara Cuma-Cuma kepada bayi balita maka ayo sempatkan diri anda membawa balita anda ke posyandu selama bulan agustus untuk mendapatkan vitamin A.


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.