3 Manfaat Jalan Kaki, Salah Satunya Melatih Jantung Featured

Ditulis Oleh | Senin, 07 Oktober 2019 04:54 | Dibaca : 12 Kali
3 Manfaat Jalan Kaki, Salah Satunya Melatih Jantung detikhealth

Sebagian orang menganggap berolahraga seperti gym, lari, ataupun senam dapat memberi efek yang maksimal untuk kesehatan tubuh. Nyatanya, berjalan pun juga dapat memberikan efek yang serupa . Jika berjalan menjadi bagian dari olahraga rutin, itu akan bermanfaat bagi jantung, otot, membakar lemak, dan menjadi awal untuk memulai pola hidup yang sehat. Dikutip dari Verywell, ternyata berjalan terbukti dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan sebagai berikut :

  1. Melatih Jantung
    Berjalan dengan langkah yang cepat dapat meningkatkan intensitas detak jantung yang sangat bermanfaat bagi kesehatannya. Untuk mendapatkan manfaatnya, usahakan berjalan 5 hari dalam seminggu, dengan waktu selama 30 menit per harinya. 30 menit tersebut bisa dipecah menjadi tiga bagian, yang masing-masing 10 menit agar tubuh tidak terlalu merasa lelah karena berjalan.
  2. Mengontrol Berat badan
    Salah satu manfaat dari berjalan lainnya adalah membantu mengontrol dan menurunkan berat badan yang dikombinasikan dengan diet rendah kalori. Dengan 45 menit melakukan jalan cepat, dapat membakar lemak berlebih yang tersimpan dalam tubuh, tapi tentunya harus dibantu dengan diet.
  3. Memperbaiki otot dan sendi
    Berjalan santai pun dapat bermanfaat bagi kesehatan. Melakukan jalan santai dapat melatih otot dan persendian, meningkatkan fleksibilitas, dan kekuatannya. Dengan berjalan dengan tempo yang lambat pun akan meminimalisir tekanan pada lutut, pergelangan kaki, pinggul, dan punggung bagian bawah.

Sumber : detikhealth

 


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.