ALASAN OTOT TERASA SAKIT SETELAH OLAHRAGA Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 18 Agustus 2020 13:26 | Dibaca : 57 Kali
credit by : pixabay credit by : pixabay

Nyeri otot yang muncul selama satu atau dua hari setelah berolahraga sebenarnya dapat menyerang siapa saja. Hal tersebut memang normal terjadi, bahkan pada tingkatan tertentu rasa nyeri dapat menandakan bahwa kebugaran ototmu semakin meningkat.

Dikutip dari laman NHS UK, ketika otot dituntut untuk bekerja lebih keras dari biasanya, akan terjadi kerusakan mikroskopis pada serabut otot, sehingga menimbulkan nyeri atau kekakuan otot. Hal ini dinamakan DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness).

Biasanya, DOMS banyak terjadi pada orang-orang yang baru pertama kali berolahraga. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa mereka yang sering olahraga juga bisa mengalami DOMS. Hanya saja, tingkat nyeri ototnya pasti berbeda dikarenakan rasa sakit akan berkurang saat ototmu terbiasa dengan tuntutan fisik yang dilakukan.

Rasa sakit setelah olahraga adalah bagian dari proses adaptasi yang dapat meningkatkan kekuatan saat otot akan terbentuk. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu ketakutan dan kapok berolahraga ketika ototmu terasa sakit. Ingat, semuanya bagian dari proses pembentukan otot.

Kabar baiknya, DOMS hanya berlangsung beberapa hari saja. Jika olahraga yang kamu lakukan cukup ringan, biasanya nyeri hanya terjadi pada satu atau dua hari. Namun, bila olahraga yang kamu lakukan terbilang berat, biasanya bisa berlangsung antara tiga dan lima hari. Upaya untuk meringankan DOMS, kamu bisa mengompres ototmu yang terasa nyeri dengan es, banyak beristirahat, dan pijat pelan ototmu. Akan tetapi jika rasa sakit itu tak tertahankan, segeralah pergi ke dokter untuk ditangani secara medis.

 

Dikutip dari : https://health.detik.com/kebugaran/d-5131074/alasan-otot-terasa-sakit-setelah-olahraga diundah pada Kamis, 13 Agu 2020 06:59 WIB

 


kristina solo

Perawat Puskesmas Alak

puskalak.dinkes-kotakupang.web.id | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.